5 Efek Samping Upgrade RAM Laptop yang dapat Terjadi

  • Whatsapp
efek samping upgrade ram laptop
banner 468x60

Cukup banyak orang-orang yang ingin memperbarui RAM laptopnya dengan berbagai macam alasan. RAM yang besar bisa meningkatkan kinerja laptop saat digunakan. Tetapi, hal tersebut tentu memiliki efek samping juga. Berikut merupakan 5 efek samping upgrade RAM laptop yang dapat terjadi.

1. Merusak Hardware

Efek samping pertama adalah dapat merusak hardware. Pengguna laptop harus mengerti dan memahami terlebih dahulu jenis RAM yang seperti apa yang cocok dan dapat digunakan untuk laptopnya. Jika tidak, ketika memperbaiki RAM laptop dapat terjadi hal-hal yang tak diinginkan salah satunya merusak hardware dari laptop.

Sebagai contoh, apabila pengguna menggunakan 2 RAM dengan merek yang berbeda pada kedua slot, maka bisa merusak hardware. Kerusakan hardware tersebut dapat menyebar ke harddisk. Tentunya hal ini akan merugikan pengguna laptop.

2. Menambah Biaya

Menambah atau meng-upgrade RAM laptop tidak hanya dapat memperbesar ukuran RAM, namun juga dapat menambah biaya. Biaya yang dikeluarkan tentu tidak kecil, harga RAM di pasaran saja paling murah berkisar ratusan ribu rupiah, dan belum tentu memiliki kualitas yang baik. RAM dengan kualitas baik biasanya harganya bisa mencapai jutaan rupiah.

Harga yang mahal tersebut sebanding dengan harga sebuah laptop baru. Maka, sebelum melakukan upgrade RAM laptop, sebaiknya dipikir kembali. Lebih baik membeli laptop baru dengan ukuran RAM yang lebih besar, jika tidak terlalu membutuhkan RAM baru pada laptop lama. Karena hal tersebut bisa memungkinkan laptop yang akan di upgrade RAM menjadi rusak.

3. Merusak Salah Satu RAM

Efek samping upgrade RAM laptop selanjutnya adalah dapat merusak salah satu RAM. Ketika akan mengganti RAM laptop, sebaiknya cari dan pilihlah RAM dengan merek dan jenis yang sama dengan RAM sebelumnya. Hal tersebut dilakukan untuk mencegah terjadinya kerusakan laptop, namun belum tentu akan berhasil juga.

Apabila menggunakan merek dan jenis RAM yang berbeda dengan RAM sebelumnya, besar kemungkinannya untuk merusak pada salah satu RAM lainnya. Selain itu, bisa jadi RAM yang baru akan rusak juga jika pemasangannya tidak benar. Hal ini akan merugikan pengguna laptop itu sendiri jika RAM laptopnya rusak.

4. Merusak Sistem Laptop

Tujuan orang untuk memperbarui RAM laptop yaitu untuk mendapatkan kinerja laptop yang lebih baik daripada sebelumnya. Tetapi, tak jarang banyak yang ketika sudah meng-upgrade RAM, malah justru kondisi laptopnya rusak atau mengalami eror. Tentu hal tersebut akan dihindari oleh pengguna laptop.

Hal tersebut juga adalah salah satu contoh efek samping dari upgrade RAM laptop, tetapi caranya yang salah. Kesalahan tersebut terdapat pada pemilihan RAM yang hendak dipasangkan. Oleh karena itu, pengguna laptop atau orang yang memasangnya harus paham mengenai laptop tersebut untuk menghindari terjadinya kerusakan sistem pada laptop.

5. Mengurangi Garansi Laptop

Efek samping yang terakhir adalah dapat mengurangi garansi laptop. Ketika membeli perangkat elektronik, biasanya akan disediakan garansi. Garansi tersebut tentu memiliki syarat dan ketentuan untuk dapat digunakan penggunanya apabila dibutuhkan. Salah satunya adalah tidak membongkar perangkat laptop dengan berbagai macam alasan.

Jika ingin memperbarui RAM laptop, maka laptop tersebut harus dibongkar untuk dapat memasangnya. Dari sana, maka pemilik laptop tidak dapat mengajukan garansi. Hal tersebut karena salah satu syarat dan ketentuannya sudah dilanggar.

Itu dia 5 efek samping upgrade RAM laptop yang dapat terjadi. Sebelum mengganti RAM laptop, alangkah baiknya dipertimbangkan terlebih dahulu sesuai kebutuhan. Hal tersebut bertujuan agar menghindari terjadinya efek samping yang telah disebutkan diatas.

Baca Juga: Aplikasi Penghasil Uang

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *